Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PENYEDIAAN OBAT TERHADAP PEMBERIAN VITAMIN K PADA BAYI BARU LAHIR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ISAK KECAMATAN LINGE KABUPATEN ACEH TENGAH TAHUN 2012

0 komentar

Vitamin K merupakan bahan pembentuk faktor pembekuan darah. Cadangan vitamin K pada bayi baru lahir yang rendah menyebabkan sedikitnya transfer vitamin K dari ibu melalui plasenta serta tidak mampu mensintesa vitamin K pada bayi. Oleh karena itu perlu diberikan vitamin K secara injeksi atau oral pada bayi baru lahir untuk mencegah terjadinya perdarahan pada bayi baru lahir (Ayu, 2011).
Perdarahan akibat kekurangan vitamin K pada bayi baru lahir dapat terjadi spontan atau akibat trauma atau benturan, gesekan terutama trauma ketika anak lahir. Perdarahan dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh bayi seperti pada beberapa bagian tubuh bayi seperti pada otak, kuliat, mata, tali pusat, hidung, telinga dan saluran pernapasan. Perdarahan dalam otak dengan manisfestasi sakit kepala (bayi menangis terus menerus), muntah, ubun-ubun menonjol, pucat hingga kejang. Perdarahan otak sering bermasalah serius karena dapat menyebabkan kematia atau kecacatan pada bayi 2 minggu sampai 6 bulan. 
Di Indonesia pemberian Vitamin K pada bayi baru lahir sudah dilakukan, namun belum ada laporan resmi secara regional maupun nasional. Pemberian vitamin K ini merupakan suatu standar pelayanan yang harus diberikan kepada semua bayi baru lahir atau hanya diberikan kepada bayi yang memiliki resiko saja (bayi dengan berat lahir rendah, bayi lahir dengan tindakan taumatis, bayi dengan ibu mengkonsumsi obat anti koagulan dan obat anti konsulsan (Wijaya, 2010).
Hubungan Pengetahuan Bidan Terhadap Vitamin K Pada Bayi Baru Lahir
Menurut asumsi peneliti, bidan dengan pengetahuan baik maka pemberian vitamin K dilakukan dengan sesuai standar pelayanan bayi baru lahir. Karena vitamin K merupakan bahan pembentuk faktor pembekuan darah dan penting dalam proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat memperpanjang proses pembekuan darah pada kulit, selaput lender, dan organ lain dalam tubuh.
Hubungan Penyediaan Obat Vitamin K Terhadap Pemberian Vitamin K Pada Bayi Baru Lahir
Menurut admin (2010) terjadinya ketidakcukupan obat atau penyediaan stok obat yang berlebihan merupakan suatu masalah yang sering dijumpai di Puskesmas, dimana masalah tersebut bukan hanya di pengaruhi oleh faktor dana tetapi juga di pengaruhi oleh proses pengolahan obat yang meliputi perencanaan permintaan atau pengadaan dan penyediaan obat, tentu hal ini akan sangat memberatkan pasien kebanyakan yang kurang mampu terutama pada ibu yang memiliki bayi baru lahir di  daerah terpencil, hanya sebagian kecil yang mendapatkan vitamin K karena ketersediaan stok obat.

0 komentar: